Thursday, November 18, 2010

Idul Adha 1431H, Unity in Diversity

Allahu akbar, Allahu akbar, la illaha ilallahu Allahu akbar, Allahu akbar walillahilham…

Gema takbir berkumandang, memuji kebesaran asmaMu. Kau Tuhan yang Satu, Esa, tak pantas jika kami perselisihkan Kau karena perbedaan yang diakibatkan kurangnya ilmu kami. Maka jadikanlah perbedaan ini anugerahMu. Sebagai salah satu bahan pembelajaran dariMu, agar kami manusia dapat semakin menyadari arti kebesaran asmaMu.

***

Tahun ini 1431 H, bertepatan dengan 2010M, aku melaksanakan sholat sunah Idul Adha 2 kali. “Ga dosa tuh?” tanya adikku. Ini sunah, ga ada yang dosa. Yang dosa itu kalau puasanya di hari tasyrik, nah lho!
Jadi memang, sebagian umat muslim di negeri ini merayakan Idul Adha sehari lebih awal dari yang ditetapkan pemerintah. Perbedaan keduanya bukan mengada-ada, tapi masing-masing memang memilki dasar yang kuat dan dalil sendiri-sendiri. Bagi yang merasayakannya lebih dulu, hal itu dilandaskan bahwa Idul Adha berkaitan dengan pelaksaanaan ibadah haji di tanah suci. Jadi ketika jama’ah haji di Arafah telah wukuf, itu adalah tanggal 9 Dzulhijah, dan keesokan harinya berarti tanggal 10 Dzulhijah yang ditanggalan masehinya adalah tanggal16 November. Sedangkan pemerintah lebih mendasarkan pada hilal, atau perhintungan dengan melihat bulan, dimana tanggal 10 Dzulhijah jatuh pada tanggal 17 November. Jadi perbedaan semacam ini adalah hal yang wajar, karena negara kita terletak lebih timur dibandingkan Arab Saudi.
Jadi mana yang benar?
Jika demikian pertanyaannya, saya yakin yang tidak bisa menjawab pertanyaannya bukan hanya saya. Karena masalah seperti ini memang tidak untuk dipertentangkan tapi untuk diambil hikmah dan pelajarannya. Sedangkan kebenaran yang hakiki adalah milik Allas SWT semata. Manusia hanya diperintahkan untuk berusaha, sebisa mungkin, sedekat mungkin, dengan kebenaran.
Semoga kita menjadi umat yang mendapat petunjuk dan perlindunganNya selalu. Selamat Hari Raya Idul Adha, selamat berbagi, selamat saling menghargai!

No comments:

Post a Comment