Tuesday, March 17, 2009

Tentang Psoriasis

 

Masih ingat tentang kisah Yusdika, bocah bersisik? Yusdika diperkirakan menderita penyakit kulit yang disebut psoriasis. Artikel ini berisi beberapa pertanyaan yang sering diajukan dan jawabannya, berguna untuk mengerti lebih baik tentang psoriasis.Untuk teman2 medis, artikel ini mungkin dapat berguna untuk edukasi pasien dan masyarakat di sekitar kita.

 

Apa itu psoriasis?

Psoriasis adalah penyakit kronis kulit, yang dialami 1-3% dari populasi (setara dengan lebih dari satu juta orang di negara kami). Tipe psoriasis yang paling sering terjadi adalah psoriasis diskoid atau psoriasis vulgaris, yang berciri lesi eritematosa dilapisi dengan skuama atau kerak tipis berwarna putih keperakan yang menempel. Psoriasis dapat muncul pada beberapa area yang kebanyakan khas, seperti siku, lutut, kulit kepala, dan regio sakroiliaka, atau dapat juga meliputi area kulit yang luas pada tubuh. Bagaimanapun, kebanyakan kasus hanya menunjukkan bentuk yang ringan, terbatas pada beberapa daerah.

 

Apakah psoriasis penyakit yang menular?

Tidak. Psoriasis tidak menular.

 

Siapa yang secara khas terkena psoriasis?

Wanita maupun pria dapat mengalami psoriasis dengan persentase yang mirip secara virtual. Penyakit ini dapat muncul pada umur berapapun, tapi kebanyakan antara 15 dan 35 tahun. Onset umur rata-rata adalah 28 tahun.

 

Apa penyebab psoriasis?

Penyebab psoriasis belum diketahui dengan pasti. Studi terbaru menyatakan bahwa penyakit ini akibat kelainan imunologis. Kita mengetahui bahwa psoriasis terdiri atas perubahan pertumbuhan (pergantian) sel kulit. Siklus evolusi sel kulit normal adalah 28-30 hari, sedangkan sel kulit yang mengalami psoriasis mempunyai siklus sel yang lebih pendek, dari 3 hingga 6 hari.

 

Apakah hanya ada1 tipe psoriasis?

Tidak, banyak tipe psoriasis. Psoriasis discoid adalah yang paling sering. Tipe lain dapat dibedakan menurut bentuk tampilannya, mulai dari bentuk gutata, berciri lesi kecil bentuk drop, higga bentuk nummular, dengan lesi berbenuk koin, hingga bentuk dengan bentuk yang berbeda atau mirip dengan peta geografi, circinata, dll. Kemudian kita dapat membedakan lesi pustular tipikal, biasanya ditemukan dalam bentuk terlokalisasi atau meluas; psoriasis inverted, berciri lesi pada plika (lipatan tubuh); psoriasis eritrodermal atau universal, berciri keterlibatan seluruh kulit tubuh.

 

Bagaimana psoriasis didiagnosa?

Seorang dokter, atau lebih baik seorang spesialis kulit, akan menyatakan diagnosisnya setelah observasi kulit dan menghubungkan anamnesis pasien dengan tanda klinis yang terlihat, tidak hanya pada kulit tapi juga pada kuku dan kulit kepala. Hingga kini, belum ada tes yang dapat menunjukkan bukti yang nyata untuk diagnosis psoriasis.

 

Bagian tubuh mana yang dapat terkena psoriasis?

Paling sering, psoriasis terjadi pada kulit kepala, lutut, siku, tangan dan kaki, sementara psoriasis jarang terjadi pada wajah. Bagaimanapun, tidak ada area kulit yang benar-benar bebas, termasuk daerah genital.

 

Orang seperti apa yang biasanya terserang psoriasis?

Tidak mungkin untuk memprediksi siapa yang akan kena psoriasis. Faktor herediter atau genetik tidak diragukan memainkan peranan yag penting. Model etiologi yang sangat terpercaya menyebutkan bahwa sejumlah faktor genetik berperan bersama dengan sejumlah faktor diluar genetik, menentukan orang pre-psoriasis (atau psoriasis laten), yang kemudian teraktivasi oleh faktor pencetus. Hal tersebut pertama kali akan disebut psoriasis awal, dan kemudian beberapa faktor lain seperti trauma fisik kulit, infeksi, stress, dan yang lainnya dapat dianggap sebagai faktor pencetus dan pembuat terus menerus.

 

Dapatkah psoriasis disembuhkan?

Tidak, tidak ada pengobatan definitif untuk psoriasis, tapi banyak terapi topical maupun sistemik yang dapat mengontrol penyakit setidaknya untuk jangka waktu pendek atau yang lebih lama. Penelitian menunjukkan setiap individu akan bereaksi berbeda dengan terapi yang berbeda, dan kadang remisi spontan dapat terjadi, meski tidak seorangpun menjelaskan alasannya hingga kini.

 

Apakah psoriasis penyakit yang mematikan?

Ya. Komplikasi yang muncul akibat psoriasis dapat mengakibatkan kematian pada pasien. Seperti komplikasi yang bisanya muncul pada subjek yang menderita psoriasis bentuk berat, seperti bentuk pustular yang rata. Kulit mempunyai peran yang penting untuk mengatur temperatur tubuh dan regulasi fungsi barrier terhadap infeksi. Saat psoriasis terjadi pada area tubuh yang luas, subjek dapat mengalami infeksi sekunder dan kehilangan cairan, yang dapat merusak keseluruhan organisme.

 

Apakah psoriasis berhubungan dengan penyakit lainnya?

Kira-kira 10% orang yang menderita psoriasis juga mengalami arthritis psoriasis. Hal tersebut umumnya terjadi pada bentuk ringan arthritis pada sendi-sendi kecil di tangan dan kaki, tapi bagian tubuh lain juga dapat terkena.

 

Dapatkah pasien psoriasis hidup dengan normal?

Kebanyakan orang yang menderita psoriasis menjalani hidup normal. Kadang pasien psoriasis mengalami masalah psikologis pada kehidupan sosialnya saat berdekatan dengan orang lain, dan ini dapat menyebabkan gangguan emosional seperti kecemasan, kemarahan, malu, dan depresi.

 

Apakah sumber mata air panas adalah solusi yang berarti untuk terapi psoriasis?

Sumber mata air panas atau terapi termal seharusnya tidak dilihat sebagai alternatif terapi obat, sebagaimana kemudian hari ini telah mencapai tingkat yang lanjut, atau mengenai bentuk-bentuk terapi lainnya; pada sisi yang sebaliknya, ini dapat menunjukan secara pasti pilihan temporer yang berarti sebagai pelengkap terapi lainnya, karena membantu sifat terapetik terapi lainnya, sebagaimana yang dialami oleh jutaan subjek di negeri ini.

 

Apakah obat-obat alami adalah terapi yang berarti?

Ya, tapi hasilnya masih bersifat subjektif. Beberapa orang mencapai hasil yang baik, sementara yang lainnya mengalami efek yang merugikan. Pada kasus apapun, kami menyarankan rujukan pada orang yang berkualifikasi untuk terapi-terapi seperti itu.

 

Mengapa sangat penting menemukan terapi untuk efek psoriasis, meski itu hanya solusi sesaat?

Pasien psoriasis cenderung mensomatiasai penyakitnya, yang berakibat pemburukan gambaran klinis umum. Karena banyak orang mulai menderita penyakit ini saat usia mereka muda, kehidupan sosialnya dapat terganggu secara signifikan dengan konsekuensi psikologis akibat rasa malu yang dialami. Lagipula, pada banyak kasus psoriasis dapat menimbulkan halangan fisik yang nyata.

 

 

***

(Diterjemahkan dari information and instruction document about the Excilite system for Dekas’s sales force – January 2004)

3 comments:

  1. ibu mertua meninggal beberapa hari yang lalu karena psoriasis eritraderma..kami terlambat mengetahui tentang penyakit ini..sungguh sangat disayangkan..dokter kulit yang menangani juga tidak kompeten sehingga semakin memperparah kondisi ibu..

    ReplyDelete